Tempat Sampah Terbaik Sepanjang SMA

Pasti banyak yang setuju kalo jaman SMA adalah masa terbaik dalam hidup (buat yang udah ngelewatin tahap ini pastinya) dan inilah yang gue alami & rasakan sampai saat ini, ga banyak orang-orang yang setelah lulus SMA masih akan tetap solid dan keep in touch sama sahabatnya di masa SMA.

YUP! gue adalah salah satu yang beruntung yang masih tetap bersahabat dengan genk kece gue di SMA dulu, bahkan setelah 8 tahun kita lulus dari SMA persahabatan kita tetep sama seperti saat kita memakai si putih abu-abu.

Kejadian-kejadian di bangku SMA tuh kadang kalo di inget-inget lagi pasti bikin senyam-senyum sendiri, entah itu karena lucu, menggelikan, bahkan menjijikan :D
Makanya di post kali ini gue pengen bernostalgia sama kenangan jaman SMA, banyak sih yang seru, kacrut, sedih, yang memalukan juga ada pastinya tapi di postingan kali ini, gue mau ceritain sosok-sosok manis yang kelakuannya kadang-kadang absurd :D 

Sepanjang gue bersekolah di SMK Negeri 2 Palu ada 5 orang cewe-cewe kece yang selalu nemenin gue, mau ke kantin, ke toilet, ke semua pelosok sekolah pasti ber-6 mulu udah kaya bebek sama induknya hehehehe... 
 
No.4 nya di bawah (Yg no.5 noh agak bakal agak panjang ceritanya





Walaupun selalu bareng entah kenapa ga pernah foto ber-6 :(
Beberapa orang mengenal kami sebagai "TOPECO" (artinya absurd sih, ada yang bilang artinya begajulan, gila, aneh, antah berantah, ga jelas, kalo anak-anak di kota Palu biasanya mengartikannya heng-heng,  sampai sekarang aja gue gag nemu kalimat/kata yang bisa ngejelasin apa itu topeco dalam bahasa indonesia. Ya sudahlah ga usah dibahas toh apalah arti sebuah nama (tsaaahh)

Dan inilah merekaaaaaa :


abis foto ini, doi masuk angin (maklum udah oma-oma) hehehe
1. Anak gadis (setidaknya sampai tulisan ini di posting) ini sejak bulan november 2013 resmi merantau ke gresik ini udah jadi temen sebangku gue sejak kelas 2. Nama lengkapnya NI KETUT AYU CHRISTIANI  tapi lebih sering dikenal (memperkenalkan) namanya AYU CHRISTIANI (tanpa Ni ketut). K.alo kita ber-5 sih lebih suka manggil dia OMA atau IJAH :D karena kebiasaannya yg sok tua, selalu ngasih wejangan-wejangan gitu deh, secara emang diantara kita ber-6 dia yang lahirnya paling cepet hehehehe.

Kata TOPECO sendiri pertama kali gue dan yang lainnya denger itu keluar dari mulut anak ini, awalnya dia menggunakan kata ini buat ngatain gue dan lainnya, jadilah kata absurd ini membekas dikepala dan jadi kosakata baru buat kita, alhasil topeco jadi panggilan kesayangan kita satu sama lain dan orang-orang di luar kitapun latah manggil kita dengan sebutan yang sama.

Diantara yang lain, si oma ini paling bisa nyimpen rahasia, kalo udah di pesenin jangan di ceritaiin maka curhatan lo akan terkubur di pikiran dia doang.


2.
ibu bidan cantik :-)

Ini ibu bidan kesayangan kami :) sekarang berdomisili di Salakan, Luwuk (kaga tau itu di mana? tanya mbah google gih!)
Diantara kita ber-6 yang udah jago pake alat make-up waktu itu ya dia ini :D waktu kita-kita pada ke sekolahnya cuma pake bedak tabur sama lipgloss dia udah one step ahead dengan eyeliner, di kantongnya selalu ada yang namanya cermin hehehehe. 
Gue juga pernah nulis surat cinta nih buat dia beberapa hari yang lalu, kalo mau baca di sini :)
Dibanding gue dan yang lainnya Yani yang lebih bisa ngomong apa adanya, kalo dia ga suka sama orang dia biasanya bakal ngomong ke orang itu. 

Ada dua hal tentang Yani yang nempel banget di otak gue (dan mungkin buat topeco yg lain juga).
Yang pertama, waktu dia abis putus sama pacarnya yang juga kakak kelas kita, tiba-tiba ada salah satu cowok, temen kita juga sih *di foto di atas juga  ada tuh penampakannya :D nembak si Yani di depan umum dan langsung di tolak hihihihi (peace temans). 

Hal kedua, pas jaman UAN sama UAS, Yani harus ribet ngurusin kartu ujian sama nomer ujiannya karena yang namanya Yuliyani di sekolah gue bukan cuma dia doang, jadi sempet ketuker-tuker gitu :( (nama lengkapnya dia emang YULIYANI *doang), mungkin mama/papanya pengen yang simple aja namanya, kan kasian juga kalo namanya kaya gue, ada 3 suku kata kalo ujian cuma ngebulatin nama udah 10 menit :D
Oh iya FYI Yani ini wong jowo.

3.
anaknya Om Obbi :)

Ini adalah teman sebangkunya Yani, mereka berdua udah kaya anak kembar deh, Nama lengkapnya JANE KAWUN, asli manado, keliatan kan dari mukenye :)
Dari kita ber-6 Je adalah yang terlemot (maap Je, hehehe) bukannya mau ngata-ngatain sahabat sendiri tapi kita ber-5 setuju kok soal ini, kalo di film AADC Je itu si milly :D
Kenapa dibilang lemot? setiap kita lagi ngobrol Je pasti butuh waktu lebih lama buat ngerti apa yang lagi diomongin, misalnya nih si Ayu lagi cerita trus ada part yang bikin kita bareng-bareng ngakak bah si Je pasti akan nanya, apa yang lucu :D dan ini sering banget kejadian.
Tapi gitu-gitu, Je paling banyak pemujanya hehehe, cowok-cowok banyak yang jatuh cinta sama dia :)

Hal paling lucu dari Je adalah ketika naik motor, siapapun yang ngeboncengin, mo sodara, temen apalagi pacar, dia ga akan pegangan ke orang itu, dia lebih milih duduk agak mundur dan pegangan di besi belakang motor :D
Anaknya emang pemalu banget, kalo udah grogi pasti gigit-gigitin kuku. Kalo Lagi makan di kantin terus pacarnya dateng Je akan langsung berhenti makan dan nyuruh pacarnya pindah kantin, kalo ga dia ga bakal makan selama si pacar masih ngedemplok di situ ^,^ (beda banget sama kita yang maunya bareng mulu sama pacar).

4. 
Noh anaknya yg di belakang po'on :)

Ini adalah satu-satunya personil topeco yang sudah menikah & punya anak, dia juga satu-satunya yang beda keyakinan, yup! kita ber-5 emang kristen semua tapiii.... ini ga membatasi kita buat sahabatan, dan kita emang ga pernah ngejadiin ini sebagai suatu masalah, perbedaan itu indah brotha! Namanya EKA YUNIASARI alias NIA alias NDUT ini orang bugis.
Gue sih udah kenal dia dari jaman SMP, kita satu sekolahan tapi beda kelas dan ga begitu akrab, moment masuk SMA yang samalah yang bikin kita lengket kaya perangko :D 
Selain dari SMP yang sama, gue, dia dan RERE (si personil no 5) rumahnya searah. beda sama yang lain.

Si ndut ini punya hobby nyomblangin orang, gue beberapa kali juga jadi sasarannya, malah dia pernah nyomblangin gue sama sepupunya yang tinggal di makassar yang which is ga pernah ketemu sama gue -_-". Nia ini kebalikannya Ayu, dia lebih bocor dibanding yang lain, kalo curhat ke dia kerahasiaannya ga dijamin :D. 

Ngomong-ngomong soal beda keyakinan si Ndut satu ini emang ga biasa buat doa sebelum makan (di tempat umum) karena keseringan bareng kita, yang tiap makan di kantin pasti masing- masing langsung reflek tutup mata berdoa (dalam hati), awal-awalnya dia cuek aja, kalo makanan dateng pasti langsung hup, tapi lama-kelamaan dia juga jadi suka berdoa sebelum makan :) dan kita (gue pribadi) seneng ngeliatnya, karena walaupun beda kita bisa saling nularin kebiasaan baik.

LAST BUT NOT LEAST....

5.
ceritanya lagi fashion show :D

IRENA TINAMBO, gadis keturunan Toraja-Poso ini dari awal ketemu emang seperti sudah ditakdirkan buat gue masuk dalam lingkaran yang sama dan jadi sahabat. Kalo yang lain ketemu dan kenalan sama gue sekitar tahun 2004an, gue kenal RERE dari tahun 2000, nasib mempertemukan gue SMP yang sama, sejak hari pertama gw ikut MOS sebagai siswa baru (FYI, kalo si Nia gue kenal baru pas naik kelas 3). 

Kurang lebih seperti ini kronologis perkenalan gue dengan Rere:
Saat pembagian kelompok "secara sengaja" gue jadi satu kelompok sama dia, jadi waktu itu gue terlambat jadi saat panita riuweh mengelompokan para siswa baru gue belum menginjakan kaki gue di halaman SLTP NEGERI 18 PALU, dan emang dewi keberuntungan lagi berpihak sama gue, entah kenapa ga ada yang sadar waktu gue dateng, padahal siswa-siswi yang lain udah baris dari 20 menit yang lalu (gue curiga jangan-jangan waktu itu seragam SD gue adalah jubah invisible nya harry potter *OK abaikan*). 
Memanfaatkan kelengahan berbagai pihak, gue langsung menyusup ke kelompok yang udah berbaris rapi, YUP! seperti yang kalian duga, kelompok yang beruntung (tapi bakal sial kalo ketahuan) itu adalah kelompoknya Rere :)
Dan begitulah gue mendapat kelompok dengan cara gue dan berhasil jadi anggota kelompok itu sampai MOS hari terakhir. FYI sampai saat gue nulis ini ga ada yang sadar kalo gue adalah penyusup, RERE pun baru tau kalo dia baca postingan ini :D hahahaha (JANGAN DITIRU YA!!!)

Saat menyusup di barisan itu, gue sama sekali ga kenal siapa aja temen-temen yang sekelompok sama gw, sampai akhirnya setiap kelompok ditempatkan di kelas, jadi 1 kelas isinya 1 kelompok, gue masih berusaha mencari temen yang gue kenal di dalam kelompok itu tapi gue cuma menemukan 1 cowok yang juga temen SD gue, selebihnya asing :(

Waktu gue masuk SMP di tv lagi hits banget telenovela CINTA PAULINA *hahahaha* (generasi 90an pasti tau) jadi panitia MOS di kelompok gue menginginkan ada 3 orang yang dipilih buat jadi pemeran utama telenovela tersebut, pas ditanyaain siapa yang ngerasa mirip dan mau memerankan tokoh-tokoh itu jelas ga ada yang berani ngangkat tangan (ya iyalah, menurut lo?!!! kalo ada yg ke PD an  bersedia gue yakin bakal di bully abis-abisan sama panita).
Karena ga ada yang bersedia, jadi dengan hak sebagai senior yang selalu benar & harus selalu dituruti keinginannya mereka mulai memilih siapa yang paling cocok menurut penglihatan mereka, dan untuk PULINA yang lembut dan murah senyum RERE lah yang terpilih, sedangkan untuk MR.BRACO(kalo ga salah) yang kaya dan tampan yang kepilih namanya ari sukoco, sementara untuk peran PAULA yang angkuh dan sombong mereka agak kesulitan, dan bak sutradara handal salah satu kakak panitia mulai berputar ruangan kelas, menyusuri bangku ke bangku, meja ke meja dan dengan semena-mena dia nunjuk ke arah gue sambil bilang "ini aja nih pas, mukanya judes" dan gue pun pingsan (cengo) DAMN!!!!!!
(makasih buat yang ketawa! PUAS ?!!!! -_-).

Dan akhirnya gue pun punya temen baru yang namanya Rere, pas pembagian kelas dari kelas 1 sampai kelas 3 SMP, bahkan di SMA juga kita ga pernah sekelas, YANI, JE, NIA, RERE waktu SMA di kelas 1i, gue di 1G, AYU di 1J.
Setiap bel istirahat atau pas ga ada guru gue akan lari ke kelas 1i, buat ngobrol-ngobrol sama mereka dan akhirnya mulai akrab, begitu naik ke kelas 2 pun kita masih misah kelasnya *Rere sih yang kepisah sendiri :) kita ber-5 di AK3, dia di AK2, sebelahan sih kelasnya jadi gantian, Rere yang tiap istirahat nyamperin kita meskipun beda kelas tapi takdir Tuhan membuat kita jadi sahabat dan walaupun sekarang dia ada di pedalaman kalimatan tapi kita tetep keep in touch, sama semua topeco masih contact-contact'an kok dan kalo ngobrol tetep sama masih kaya ngobrol pas jam istirahat di kelas dulu.

Ada hal konyol yang sering banget kita lakuin kalo pulang sekolah yaitu "ngebajak" angkot jadi kaya angkot pribadi kita hehehe.
Sistem angkot di Palu berbeda dengan angkot di kota-kota lain di indonesia yang rata-rata ada rute untuk angkot-angkotnya, di Palu bebas rute, ibarat jakarta, yang mau ke priok sama pulogadung pun bisa ada dalam 1 angkot, rutenya ditentukan sama supirnya, suka-suka dia mau kemana :D
Jadilah setiap pulang sekolah kita selalu bareng naik angkotnya walaupun rumahnya ga searah.

Waktu berputar, hampir semua hal dalam hidup berubah, umur, status, berat badan, warna kulit (bahkan warna bulu tangan-kaki juga), tapi gue selalu merasa beruntung punya 5 orang terbaik ini, yang tetap dalam 1 ikatan persahabatan. 
Persahabatan gue dan mereka bukan persahabatan yang lurus-lurus adem ayem dan jauh dari konflik, kita pernah kok berantem, BT-BT an, dan ga setiap hari saling ngabarin tapi jauh di dalam hati masing-masing tau kalo kita adalah sahabat dan sampai seterusnya akan terus jadi sahabat, seberapa banyak pun teman yang datang dan pergi dalam hidup gue tapi sahabat terbaik seperti mereka yang selalu bersedia gue jadikan tempat sampah buat unek-unek penting ga penting gue ini akan tetap ada, Gue pun masih belajar dan terus berusaha jadi tempat sampah terbaik buat mereka.

Terima kasih untuk 11 tahun persahabatan & persaudaraan kita! 
*gandengan tangan dan nyanyi "persahabatan"* 

I love all of you!
*kecup satu-satu*

Komentar

  1. memiliki sahabat itu memang mengasikkan :D

    BalasHapus
  2. wow namanya ada yang mirip2 sama gue Christina Ayu, wakakak :v betewe lebih bagus kalo diatas perkenalan ada foto personal mereka biar ngebayanginnya juga gak absurd2 amat ataupun cape nge-scroll :D

    semoga persahabatannya langgeng terus yak! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. AMEN! semoga sahabatannya menurun sampe ke anak cucu :)

      wah iya yah emang agak mirip namanya :)
      anyway makasih masukannya. nanti gue edit tambahin foto satu-satu deh ;)

      Hapus
  3. Hahahahaha Aduh aduh Mbak Kasian cowoknya ntu mukanya :)
    Ane tersungging ntu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe,,, gapapa, biar bisa fokus ke personil yang di ceritain, abis ga ada foto yang cuma ber-6. hampir di semua foto selalu bareng sama si cowok-cowok itu :)

      Hapus
  4. Persahabatan bagai kecebong, merubah telur menjadi kodok ijo :D
    Sahabat nggak akan mati dimakan waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. love that quote :) karena kepompong sudah terlalu mainstream :D

      Hapus
  5. keren nih nggak tahu deh ntr kalau gue udah lulus bakalan kaya giamana xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih :)
      Biasanya sih kalo udah lulus bakal kangen banget sama mas-masa sekolah :D

      Hapus

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca, ditunggu komentar serta kunjungan berikutnya...
*Keep Our Earth Clean* \m/ \m/

Postingan populer dari blog ini

Cowok itu mirip Pembalut *ting*

KAPAN SIH HARUS NGUCAPIN SELAMAT PASKAH???